fbpx

Seni Menulis untuk User Experience

  1. Home
  2. »
  3. Jasa UI / UX
  4. »
  5. Seni Menulis untuk User Experience

Seni menulis untuk user experience (UX) adalah keterampilan yang penting. Teks yang tepat dapat memandu pengguna, menyampaikan pesan dengan jelas, dan membuat interaksi dengan website atau aplikasi lebih menyenangkan. Tulisan yang baik dalam UX tidak hanya informatif tetapi juga harus berfungsi sebagai pemandu yang intuitif dan ramah bagi pengguna. Berikut adalah prinsip-prinsip utama dalam seni menulis untuk meningkatkan user experience:

1. Jelas dan Ringkas

Pengguna biasanya mencari informasi dengan cepat dan tidak memiliki waktu untuk membaca teks yang panjang dan bertele-tele. Oleh karena itu, tulis dengan jelas dan ringkas. Gunakan kalimat pendek dan hindari jargon atau istilah teknis yang membingungkan. Fokus pada inti pesan dan pastikan setiap kata memiliki tujuan.

Contoh:

  • Sebelum: “Untuk melanjutkan ke tahap berikutnya, silakan klik tombol yang terletak di bagian bawah halaman ini.”
  • Sesudah: “Klik ‘Lanjut’ di bawah.”

2. Ramah dan Akrab

Bahasa yang ramah dan akrab membuat pengguna merasa lebih nyaman dan terhubung dengan aplikasi atau website. Hindari bahasa yang terlalu formal atau kaku, dan gunakan nada yang lebih bersahabat. Personalisasi pesan jika memungkinkan untuk membuat pengalaman lebih personal.

Contoh:

  • Sebelum: “Pengguna harus memasukkan kata sandi untuk mengakses akun.”
  • Sesudah: “Masukkan kata sandi Anda untuk masuk.”

3. Panduan yang Jelas

Tulisan UX harus berfungsi sebagai panduan yang jelas bagi pengguna. Berikan instruksi yang spesifik dan mudah diikuti. Gunakan kata kerja yang mengarahkan tindakan pengguna, seperti “klik”, “isi”, atau “pilih”. Ini membantu pengguna memahami langkah-langkah yang perlu diambil tanpa kebingungan.

Contoh:

  • Sebelum: “Silakan melakukan proses verifikasi akun.”
  • Sesudah: “Verifikasi akun Anda dengan mengklik tautan di email kami.”

4. Fokus pada Pengguna

Pusatkan perhatian pada kebutuhan dan perspektif pengguna. Pertimbangkan apa yang pengguna ingin tahu dan butuhkan di setiap tahap interaksi mereka. Buatlah teks yang relevan dengan konteks pengguna saat itu.

Contoh:

  • Sebelum: “Formulir ini memerlukan informasi pribadi Anda.”
  • Sesudah: “Isi formulir ini untuk membantu kami melayani Anda lebih baik.”

5. Buat Teks yang Mudah Dipindai

Banyak pengguna tidak membaca teks secara keseluruhan, melainkan memindai untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan. Gunakan subjudul, daftar berpoin, dan paragraf pendek untuk membuat teks lebih mudah dipindai. Ini membantu pengguna menemukan informasi dengan cepat tanpa harus membaca semuanya.

Contoh:

  • Gunakan subjudul
  • Daftar berpoin
  • Paragraf pendek

6. Gunakan Call-to-Action (CTA) yang Jelas

Call-to-action adalah elemen penting dalam UX. CTA harus jelas, menonjol, dan langsung menuju tindakan yang diinginkan. Gunakan kata-kata yang kuat dan deskriptif untuk memberi tahu pengguna apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Contoh:

  • Sebelum: “Klik di sini.”
  • Sesudah: “Mulai Uji Coba Gratis.”

7. Hindari Negatif

Usahakan untuk menghindari bahasa negatif atau menyalahkan pengguna. Fokuslah pada solusi dan memberikan bantuan. Ini menciptakan pengalaman yang lebih positif dan mendukung.

Contoh:

  • Sebelum: “Anda salah memasukkan kata sandi.”
  • Sesudah: “Kata sandi tidak cocok. Coba lagi atau reset kata sandi Anda.”

8. Personalisasi Pengalaman

Jika memungkinkan, personalisasi teks untuk setiap pengguna. Menggunakan nama pengguna atau menyebutkan preferensi mereka dapat membuat interaksi terasa lebih personal dan relevan.

Contoh:

  • Sebelum: “Selamat datang kembali.”
  • Sesudah: “Selamat datang kembali, John.”

Kesimpulan

Seni menulis untuk user experience adalah tentang menyederhanakan interaksi, membuatnya lebih intuitif, dan membangun koneksi dengan pengguna. Dengan mengikuti prinsip-prinsip di atas, Anda dapat menciptakan teks yang tidak hanya informatif tetapi juga ramah dan mudah dipahami, sehingga meningkatkan keseluruhan pengalaman pengguna di website atau aplikasi Anda. Tulisan yang baik dalam UX adalah pemandu yang tak terlihat, yang mengarahkan pengguna dengan mulus melalui setiap langkah dan membuat interaksi mereka lebih menyenangkan dan efektif.

Baca juga : AI Summit Jakarta 2024

don't forget to share this post

Pelajari lebih lanjut mengenai layanan dan portofolio kami

About Us

Di bageur.id, kami adalah tim yang bersemangat dalam menyediakan solusi digital yang terbaik untuk Anda. Dari pembuatan website yang menarik dan responsif hingga pengembangan aplikasi yang inovatif, serta penyelenggaraan acara yang tak terlupakan, kami siap membantu Anda mencapai tujuan bisnis Anda.

 

Dengan fokus pada kualitas, kreativitas, dan kepuasan pelanggan, kami berkomitmen untuk menjadi mitra terpercaya dalam perjalanan digital Anda. Hubungi kami sekarang untuk memulai kolaborasi yang produktif!